Friday, January 16, 2009

Ternyata AIR PANAS lebih CEPAT BEKU diBANding AIR DINGIN

Teruji Secara ilmiah, Intuisi Memang bisa menyesatkan


Ini disebut efek Mpemba, sebuah fenomena alamiah yang ditemukan seorang murid. Mpemba adalah murid sekolah SMA dari from Tanzania Africa. Dia mengungkap fenomena air panas lebih mudah beku daripada air dingin ketika ia membuat icecream, pada tahun 1969.

Gurunya tidak percaya tentang kemungkinan hal itu terjadi, dibutuhkan beberapa tahun sampai para professor akhirnya mau menerima penemuannya.

Walaupun terjadi dalam keseharian nyata tukang es krim, tapi masih belum jelas apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Namun ada beberapa faktor yang bisa dilihat di sini

Air Panas Lebih Cepat Beku daripada Air Dingin

Pembekuan air panas lebih cepat ketimbang pembekuan air dingin karena ketika air panas, maka permukaan molekul-molekul air memiliki cukup energi untuk melepaskan ikatan molekul air tersebut dan kemudian terlepas dan mengembang sebagai uap air yang tidak terlihat di atmosfir. Oleh karenanya, massa air akan berkurang. Naaahh...pengurangan massa ini membuat air panas yang menuju ke suhu normal lebih mudah membeku dari pada air dingin, walaupun es yang terbentuk lebih sedikit dibanding air dingin. Untuk bisa lebih jelasnya...kalo bisa lho...
datangi sini

Peristiwa aneh (gak yaa)
Air mendidih 100 derajat C dilemparkan ke udara yang bersuhu minus 32 derajat C, tidak satupun yang mendarat di tanah/es (percobaan di antartika)

air panas beku lebih cepat











sumber http://www.physics.adelaide.edu.au/~dkoks/Faq/General/hot_water.html

Mau Tau Berita Yang lebih HOt, Gambar dan Video Yg Lebih SIP...kami sediakan di bawah ini.